10 Istilah Dalam Memancing Ikan Wajib Tahu

10 Istilah Dalam Memancing Ikan Wajib Tahu

10 Istilah Dalam Memancing Ikan Wajib Tahu

Istilah dalam memancing pastinya sering digunakan saat anda memancing, biasanya para pemancing ini menyebutnya dengan kamus mancing, jadi pemancing wajib tahu. Kegunaan istilah dalam memancing pastinya memiliki tujuan tertentu. Tujuannya agar mempermudah seseorang mengungkapkan atau menyatakan sesuatu.

Maka dari itu macingkuy.com sengaja membuat artikel ini agar, para pemancing tidak kebingungan saat ada pemancing lain menggunakan istilah tersebut. Sebenarnya menggunakan istilah tersebut bisa dibilang akan membuat anda memancing dengan efektif.

Karena setiap penggunaan istilah tersebut hanya menggunakan 1 kata tidak lebih. Lalu pemancing lain bisa menebak apa yang dimaksud pemancing yang menggunakan istilah dalam memancing ikan tersebut. Jadi secara garis besar penting untuk anda belajar dan mengetahui istilah-istilah dalam memancing.

Baca Juga : 6 Strategi Memancing Ikan Mas Untuk Pemula

10 Istilah Dalam Memancing Ikan Wajib Tahu

Di dalam dunia memancing, terdapat banyak istilah yang sering digunakan. Beberapa diantaranya mungkin terdengar asing dan aneh bagi kebanyakan orang. Bahkan bagi pecinta mancing itu sendiri itu adalah hal yang biasa dan mudah dimengerti.

Contohnya seperti istilah “Boncos”, Boncos adalah kondisi tidak mendapatkan ikan yang sudah di target atau ikan lainya seharian penuh. Boncos adalah istilah yang digunakan pemancing Indonesia, terutama untuk anda yang berlokasi di pulau Jawa. Bila anda memutuskan untuk berjalan-jalan dan memancing di pulau jawa, jangan heran bila banyak pemancing yang menyebutkan kata ini.

Dari pada makin penasaran tentang istilah dalam dunia pemancingan. Langsung saja berikut ini istilah-istilah dalam memancing yang sangat populer digunakan hingga saat ini, terutama di Indonesia :

1. Angler

Istilah dalam memancing yang pertama adalah Angler dimana setiap orang yang menangkap ikan menggunakan joran dan kerekan disebut angler.

2. Backlash

Kondisi dimana benang kusut pada reel karena oleh kesalahan saat melempar umpan.

3. Bearing ( Klaher ) atau bola besi pada reel.

Sering dihubungkan dengan skala rotasi atau perbandingan perputaran antara handle dan engkol/crank pada kerekan. Crank berputar lebih daripada handle saat digerakkan.

4. Billfish

Jenis ikan laut yang memiliki paruh, contohnya seperti : Marlin dan layaran.

5. Bom

istilah dalam memancing ini mungkin sudah sering anda dengan yaitu Bom. Bom adalah umpan yang dilemparkan ke dalam air untuk mendatangkan ikan. Kalau ‘Ngebom’ artinya melemparkan pakan ke tempat melempar umpan agar ikan segera datang/berkumpul.

Banyak yang salah kaprah ketika seorang pemancing menyebutkan istilah ini, mereka berfikir bom yang dimaksud adalah meledakan ikan agar mudah di dapat.

6. Boncos

Istilah boncos dalam memancing sudah dijelaskan di atas, artinya simple yaitu tidak dapat ikan atau tidak mendapatkan ikan target. Istilah ini diciptakan oleh angler Indonesia dan bukan merupakan kata-kata dari bahasa asing.

7. Caddy atau Kedi

Helper atau pembantu dalam memancing, atau orang yang bertugas mempersiapkan umpan, memasang umpan, menyerok atau menggancu ikan, melepas mata kail dari mulut ikan, juga “helper” bagi pemancing. Sebutan ini umumnya digunakan untuk kegiatan memancing lomba atau turnamen, baik di kolam pancing atau di laut.

8. Casting

Istilah dalam memancing ini pasti sering anda dengar, Casting adalah teknik memancing dengan melempar umpan dan menggulung reel dengan kecepatan pelan atau cepat, dan dilakukan secara berulang-ulang.

Biasanya umpan yang digunakan adalah umpan tiruan. Tentunya para pemancing tahu tentang casting ini, umpan casting pastinya sangat menghemat pembiayaan dibanding umpan hidup.

9. Catch and Release

Istilah Catch and Release memiliki arti dalam bahasa Indonesia adalah tangkap dan Lepas. Hal ini dilakukan untuk kampanye pelestarian ikan contohnya seperti : menangkap ikan hanya untuk bersenang-senang, dan melepaskannya untuk menghindari efek buruk dari penangkapan ikan yang berlebih.

10. Congkok

Istilah dalam memancing yang paling terakhir adalah congkok yang memiliki arti besi dengan salah satu ujung bercabang, yang digunakan sebagai tempat tatakan joran agar pemancing tidak perlu memegang joran saat menunggu umpan dimakan ikan.

Bila anda ingin mengetahui lebih lagi tentang memancing anda bisa langsung mendatangi situs Wikipedia. Disana akan di jelaskan secara lengkap sejarah dan jenis-jenis memancing. Demikian artikel ini tentang istilah-istilah dalam memancing ikan. Semoga dengan adanya artikel ini, pembaca setia mancingkuy.com bisa menambahkan pengetahuannya.

10 Istilah Dalam Memancing Ikan Wajib Tahu
Kembali ke Atas