3 Cara Memancing Ikan Lele Dengan Baik

3 Cara Memancing Ikan Lele Dengan Baik

3 Cara Memancing Ikan Lele Dengan Baik

Memancing ikan lele menjadi primadona di kalangan para pemancing, karena ikan lele bisa untuk dijadikan sebagai menu makanan yang sangat lezat. Ikan lele juga bisa dijadikan sebagai kuliner khas, seperti pecel lele. Namun jenis ikan ini tergolong susah-susah gampang untuk memancingnya.

Dengan teknik memancing ikan lele sebenarnya mudah dari segi umpan, karena ikan lele termasuk jenis ikan yang rakus. Terutama jika anda menggunakan umpan dengan bau yang tajam. Bau tajam yang disukai ikan lele seperti bau busuk dan amis.

Ini merupakan sifat natural ikan lele di alam, sehingga ikan lele tergolong tahan di segala kondisi air. Namun tentu saja ikan lele yang sudah lama hidup di kolam pemancingan akan memiliki karakteristik yang berbeda. Mulai dari waktu aktifnya dan umpan yang disukai lele tersebut.

Maka dari itu kami membuat artikel ini sebagai panduan anda agar anda bisa mendapatkan hasil pancingan lebih maksimal.

3 Cara Memancing Ikan Lele Dengan Baik Untuk Pemula

Berikut ini kami rangkum beberapa cara memancing ikan lele dengan baik, supaya anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Mulai dari peralatan yang digunakan, umpan yang disukai ikan lele. Teknik ini kami buat sesederhana agar anda juga bisa menerapkan cara memancing ikan lele untuk pemula :

Baca Juga : 8 Cara Penting Memancing Udang Galah

1. Peralatan Memancing Ikan Lele

3 Cara Memancing Ikan Lele Dengan Baik

Peralatan memancing ikan lele yang kami maksud disini adalah senar dan kail yang digunakan. Anda harus pandai memilih alat pancing ikan lele, hal itu untuk menghindari kail atau senar yang anda gunakan putus.

Kail pancing ikan lele yang biasa digunakan oleh para pemancing profesional adalah merek hemus yang no 11/12, daimaru iseama no 11, musashi iseama no 12. Kail tersebut sudah lebih dari cukup untuk memancing ikan lele.

Sementara untuk senar pancing ikan lele yang digunakan, lebih banyak variasinya dari para pemancing. Karena ada pemancing yang menyukai senar tenggelam dan ada juga pemancing yang menyukai senar mengapung. Jika kalian ingin senar tenggelam maka senar harus direbus terlebih dahulu.

Beberapa merek senar pancing ikan lele yang sangat populer adalah broad ukuran 0.14, maguro 0.28, waterline 0.28. Senar tersebut sudah lebih dari cukup, bahkan bisa untuk memancing ikan lele babon hingga yang memiliki berat 5 hingga 10 kg.

2. Tempat Memancing Ikan Lele Di Kolam Atau Sungai

3 Cara Memancing Ikan Lele Dengan Baik

Tempat memancing ikan lele juga menentukan berapa banyak lele yang akan anda dapatkan. Cara yang digunakan juga berbeda terutama dalam hal umpan. Karena umpan ikan lele liar dan iikan lele kolam jelas sangat berbeda.

Cara memancing ikan lele di kolam baik untuk galatama maupun harian lebih baik jangan menggunakan umpan yang memiliki bau busuk. Karena hal tersebut bisa mengganggu pemancing lainnya, selain itu juga ikan lele yang sudah lama di kolam cenderung menyukai umpan yang segar.

Beberapa umpan memancing ikan lele di kolam terpopuler adalah telur puyuh, jeroan ikan mas, dan telur sapu sapu. Anda juga bisa menambahkan essen yang disukai ikan lele.

Sementara untuk memancing ikan lele di sungai, anda bisa menggunakan umpan apa saja. Anda bisa meconga memakai umpan cacing, anak katak sawah, jangkrik, atau pelet jitu. Bahkan bisa juga menggunakan umpan seperti cicak yang sudah dibakar.

3. Waktu Memancing Ikan Lele

3 Cara Memancing Ikan Lele Dengan Baik

Waktu memancing ikan lele juga sangat berpengaruh pada umpan yang digunakan, tergantung malam hari atau siang hari. Karena ikan lele bukanlah ikan yang aktif sepanjang hari.

Pada saat memancing ikan lele di siang hari, gunakanlah umpan hidup seperti cacing, anak katak, dan ikan kecil. Karena saat siang ikan lele cenderung tidak aktif dan bergerombol di dasar air.

Dengan menggunakan umpan hidup ikan lele akan tertarik dengan umpan yang bergerak gerak. Usahakan agar umpan yang anda gunakan tidak mengapung, jika memakai umpan anak katak gunakan pemberat agar umpan tersebut tidak mengapung.

Saat memancing ikan lele di malam hari, gunakan umpan umpan yang anda racik sendiri. Seperti pelet jitu, kuning telur, keong, belut bakar hingga cicak bakar. Anda juga bisa menggunakan usus ayam yang sudah disimpan selama 1 hari hingga darah menjadi kental.

Demikianlah cara memancing ikan lele yang agar anda bisa mendapatkan hasil pancingan lebih maksimal. Jika anda ingin memahami mengenai ikan lele, anda bisa langsung simak informasinya yang sudah dibahas oleh Wikipedia.

3 Cara Memancing Ikan Lele Dengan Baik
Kembali ke Atas