3 Tips Menangkap Kepiting Di Laut

3 Tips Menangkap Kepiting Di Laut

3 Tips Menangkap Kepiting Di Laut

Menangkap kepiting memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, karena hewan jenis ini memiliki rasa yang sangat lezat untuk dijadikan menu makanan. Ada juga yang menangkap kepiting di laut untuk dijual lagi, karena kepiting memang memiliki harga yang lumayan mahal.

Sangatlah wajar jika kepiting memiliki harga yang mahal, karena menangkap kepiting juga seperti memancing ikan pada umumnya. Namun jika anda seorang ingin menangkap kepiting agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda wajib simak artikel ini terus.

3 Tips Menangkap Kepiting Di Laut Dengan Baik Dan Benar

Agar hasil tangkapan anda lebih maksimal anda harus simak tips menangkap kepiting di laut dengan baik dan benar yang akan dibahas oleh mancingkuy di bawah ini :

Baca Juga : 8 Cara Penting Memancing Udang Galah

1. Menangkap Kepiting Dengan Crab Pot

3 Tips Menangkap Kepiting Di Laut

Ketahui Batasan-Batasan Pada Area Laut

Untuk setiap area memiliki berbagai batasan berbeda tentang berapa banyak jumlah kepiting yang boleh anda tangkap, jenis izin penangkapan kepiting yang anda perlukan. Namun bukan hanya itu saja, anda harus mengetahui di mana anda boleh menangkap kepiting.

Kunjungi pelabuhan lokal anda dan berbicaralah kepada kepala pelabuhan atau departemen perikanan dan Kelautan lokal.

Pilih Tempat Yang Tepat

Jangan kunjungi sembarang tempat dan mulai mencoba menangkap kepiting, ada beberapa tempat yang memiliki stok kepiting dalam jumlah lebih banyak. Kepiting umumnya ditemukan di air laut, bukan air tawar, terutama di perairan yang mengalami pasang dan surut.

Biarkan Perangkap Semalam

Kepiting adalah makhluk malam, sehingga mereka sangat senang berkeliaran dan mencari makanan di malam hari. Pastikan anda telah menandai perangkap anda agar anda bisa menemukannya kembali dan mencegah kapal menabraknya.

Keluarkan Kepiting Dari Crab Pot

Setelah anda membiarkan perangkapnya semalaman, saatnya anda memeriksa hasil yang anda dapatkan. Berhati-hatilah pada saat mengeluarkan perangkap agar kepiting tidak meluncur keluar kembali.

2. Menangkap Kepiting Menggunakan Trotline

3 Tips Menangkap Kepiting Di Laut

Mengetahui Penggunaan Trotline

Penggunaan trotline membutuhkan usaha serta waktu, namun dapat memberikan hasil tangkapan yang sangat baik. Trotline sebenarnya hanyalah benang pancing yang di ikat di antara dua pelampung dan diikatkan dengan umpan.

Siapkan Peralatan

Penggunaan trotline, yang bisa memberikan banyak tangkapan kepiting jika dilakukan dengan benar, memerlukan sebuah kapal. Anda juga tidak bisa melepaskan trotline dari dermaga.

Jadi, sebelum anda mengumpulkan sisa perlengkapan lainnya, pastikan anda memiliki akses terhadap sebuah kapal terlebih dahulu. Anda bisa membeli perlengkapan lainnya secara online menggunakan smartphone.

Persiapkan Senar

senar ini harus diperberat pada kedua ujungnya dengan menggunakan rantai atau pemberat lainnya. Anda juga bisa menggunakan rantai galvan sepanjang 40 hingga 120 cm.

Beban-beban ini akan disambungkan ke pelampung dengan seutas senar pancing, jadi anda bisa menariknya pada saat waktu yang tepat saat merasakan kepiting memakan umpannya.

Jatuhkan Senar

Hal ini kedengarannya mudah, namun berfokus untuk menjatuhkan senar sambil mengemudikan kapal adalah hal yang sulit. Anda pastinya memerlukan seorang teman untuk membantu mengemudikan kapal.

Pastikan juga anda tidak menjatuhkan senar di sekitar para pemancing kepiting lainnya, karena hal ini bisa menyebabkan kekusutan antar senar yang anda gunakan.

Tarik Senar

Setelah anda selesai menjatuhkan senar, kemudian arahkan kapal pada posisi awal dan gunakan kait anda untuk menangkap serta mengangkat senar utama kembali ke permukaan air. Lakukan hal tersebut secara perlahan.

Selipkan senar pada roller yang sudah terpasang pada kapa yang anda gunakan. Biarkan senar naik dari permukaan air laut pada sudut sekitar 30 hingga 40 derajat dan jaga agar senar tetap kencang.

Jatuhkan Senar Berulang-Ulang

Tips menangkap kepiting lainnya dengan cara menjatuhkan senar berulang-ulang kali pada saat pagi hari. Setelah anda melakukan pemancingan pertama, jatuhkan lagi senarnya sekali dan pastikan semua umpan yang diperlukan sudah terpasang. Tunggu sebentar hingga senarnya siap kemudian tariklah kembali.

Simpan Perlengkapan Dengan Benar

Setelah anda selesai memancing kepiting, pastikan anda menyimpan perlengkapan anda dengan baik dan benar, jika tidak perlengkapan anda tidak akan bertahan dengan lama.

Umumnya orang-orang memiliki pilihannya sendiri dengan metode penyimpanannya, termasuk dengan memasukkan trotline ke dalam lemari pembeku. Namun, bertanyalah kepada seseorang yang sudah berpengalaman dalam menangkap kepiting di laut.

3. Menangkap Kepiting Menggunakan Pancingan Tangan

Trotline

Kumpulkan Perlengkapan Anda

Tips ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan berbagai metode yang di atas dan hanya ada sedikit benda yang akan anda perlukan. Pada dasarnya, anda hanya perlu jaring, umpan, senar pancing yang cukup panjang untuk mencapai bagian dasar air.

Ikat Pancingannya

Ikat lalu lemparkan dan tunggu sebentar agar kepiting bisa menemukan umpan anda yang telah dilempar ke dalam air laut. Anda akan merasa saat kepiting sedang memakan umpan yang anda gunakan.

Tarik Pancingan Perlahan

Semakin besar seekor kepiting maka semakin besar kemungkinannya akan takut dan melepas pancingan. Jadi anda harus menarik senar pancing dengan berhati-hati, pada saat kepiting mendekati permukaan air, ambil dengan jaring yang sudah anda bawa.

Masukan Kepiting Kedalam Pendingin

Pastikan anda jika mendapatkan kepiting, simpanlah kedalam pending es agar kepiting melunak dan lebih mudah ditangani. Hindari memegang kepiting dengan tangan tanpa sarung tangan. Gunakan penjepit dapur atau penjepit kepiting jika anda memilikinya.

Baca Juga Pengertian Memancing

3 Tips Menangkap Kepiting Di Laut
Kembali ke Atas