4 Tahap Memancing Belut Yang Harus Anda Ketahui

4 Tahap Memancing Belut Yang Harus Anda Ketahui

Mancing Belut – Belut merupakan hewan air yang mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk kebutuhan tubuh. Hewan air jenis belut ini banyak dicari masyarakat karena selain mengandung banyak manfaat bagi tubuh juga rasanya yang begitu lezat.

4 Tahap Memancing Belut Agar Yang Diperoleh Lebih Maksimal

Mengingat perkembangan zaman dan banyaknya perusak ekosistem membuat orang menjadi malas pergi ke sawah untuk mencari belut. Sensasi memancing belut juga tidak kalah dengan memancing ikan. Bahkan bisa dikatakan lebih menikmati memancing belut.

Walaupun belut juga banyak tersedia di pasar, tetapi jika kita mendapatkan dengan cara memancing itu akan lebih puas memakannya. Kini mancingkuy.com akan memberi beberapa tahapan memancing belut agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal :

1. Siapkan Alat Pancing Belut

4 Tahap Memancing Belut Yang Harus Anda KetahuiUntuk memancing belut dengan memancing ikan sangat berbeda, pancingan belut tidak menggunakan joran dan reel untuk memancing. Cukup hanya menggunakan senar dan kail pancing saja, jadi secara biaya memancing belut lebih ekonomis atau murah dari pada memancing ikan.

Cara merakit pancingan belut sangat lah mudah, cukup dikepang ataupun dipelintir dengan dua senar sehingga menjadi satu, dengan satu mata kail. Lalu kail dipasang umpan yang anda akan gunakan.

2. Mencari Spot Untuk Memancing Belut

4 Tahap Memancing Belut Yang Harus Anda KetahuiBelut lebih senang tinggal di tempat berlumpur seperti sawah, pinggiran sungai atau kali dan rawa-rawa. Biasanya dia akan membuat lubang untuk bersembunyi. Sebab belut hanya aktif di malam hari untuk mencari makan, sedangkan siang hari habiskan untuk istirahat.

Carilah sawah yang ada airnya, jangan yang kering sampai sawah retak, kemudian cari lubang yang dibuat oleh belut. Di dalam lubang belut ada air bening, anda harus bisa membedakan antara lubang belut, lubang ular dan lubang kepiting.

Lubang kepiting umumnya pipih tidak bulat, kalau lubang ular umumnya tidak di tempat yang berair. Meski ada airnya juga tapi tidak becek pinggirannya. Berikut ini ciri-ciri lubang belut :

  • Bulat rapi berada di pinggiran air, parit atau kadang di tengah sawah tapi di samping tanaman padi, kangkung atau tumbuhan sawah lainnya.
  • Permukaan sedikit agak becek dan berlumpur.
  • Lubang belut yang ada belutnya berbentuk rata dan terlihat bersih.

3. Memilih Umpan Belut

4 Tahap Memancing Belut Yang Harus Anda KetahuiKemudian siapkan umpan, umpan untuk memancing belut cukup mudah, bisa menggunakan cacing atau anak kodok. Mencarainya pun tidak terlalu sulit, tinggal cari cacing di tanah lembab atau persawahan. Saat ini sudah ada umpan buatan atau racikan sendiri, tapi kami tetap sarankan memakai umpan alami sebagai berikut :

  • Cacing Tanah : Bisa dikatakan cacing tanah merupakan umpan paling ampuh untuk memancing belut, untuk mencarinya pun sangat mudah. Cacing tanah tinggal di daerah tanah yang gembur atau basah. Bisa juga mencari di sawah.
  • Keong : Memang keong tidak lebih baik dari cacing tanah, tapi bisa juga dijadikan alternatif umpan belut yang ampuh. Apalagi keong banyak ditemukan di perairan sawah dan rawa-rawa.
  • Katak Kecil : Belut juga sangat menyukai katak kecil atau bisa disebut bancet, pada salah satunya adalah sejenis katak kecil. Tetapi kalau kalian merasa jijik bisa keong atau cacing tanah saja.

4. Cara Memancing Belut

4 Tahap Memancing Belut Yang Harus Anda KetahuiBanyak yang menyarankan setelah umpan dimakan, langsung ditarik, padahal caa tersebut salah, meskipun bisa berhasil tetapi kurang efektif. Dalam memancing belut yang paling utama sabar, berikut ini cara untuk memancingnya :

  • Cari lubang yang di pinggiran sawah.
  • Pasang umpan atau pakan untuk memancing belut.
  • Lalu masukan umpan belut ke dalam lubang, dan jangan lupa dipelintir sampai kedalam.
  • Dengan dipelintir akan menggoda belut untuk memakan.
  • lihat kondisi lubangnya, kalau airnya naik turun berarti ada belutnya.
  • Selanjutnya tunggu sampai belutnya memakan umpan, jika belum memakan, diplintir lagi senarnya sampai dimakan.
  • Kalau sudah dimakan tolong jangan langsung ditarik.
  • Biarkan belut menarik sampai dalam, dan memakan semua umpannya, padahal umpan belum dimakan semua.
  • Meskipun sudah disambar atau ditarik ke dalam, kalau bisa tunggu lagi biar makan semua umpannya. Sehingga kailnya masuk ke mulutnya.
  • Sambil dipancing dengan cara diplintir senarnya.
  • Selanjutnya tinggal menarik senarnya, dan belut tersebut pasti terangkat.

Itulah beberapa tahapan memancing belut yang harus anda diketahui, sehingga pada saat memancing belut lebih maksimal pendapatannya.

 

4 Tahap Memancing Belut Yang Harus Anda Ketahui
Kembali ke Atas