4 Trik Penting Memancing Ikan Tombro

4 Trik Penting Memancing Ikan Tombro

4 Trik Penting Memancing Ikan Tombro

Memancing ikan tombro menjadi salah satu hal yang cukup diminati oleh beberapa kalangan masyarakat untuk mengisi waktu libur para pekerja dengan cara memancing. Agar bisa menjadi pemancing yang handal, anda bisa memulai untuk mencoba berbagai teknik memancing, baik memancing di laut ataupun memancing di sungai.

Untuk mendapatkan hasil memancing ikan tombro lebih maksimal, anda juga membutuhkan trik penting memancing ikan tombro.

4 Trik Penting Memancing Ikan Tombro Yang Harus Anda Ketahui

Memancing ikan tombro memang menjadi idaman para pemancing kolam maupun sungai. Bukan hanya karena tarikannya yang sangat kuat, namun juga karena warna dari ikan tersebut begitu menawan serta rasanya yang lezat membuat ikan ini menjadi incaran para pemancing.

Berikut ini mancingkuy akan memberikan beberapa trik memancing ikan tombro yang harus anda pahami terlebih dahulu :

Baca Juga : 5 Cara Jitu Memancing Ikan Patin Untuk Pemula

1. Memahami Habitat Asli Ikan Tombro

4 Trik Penting Memancing Ikan Tombro

Habitat ikan tombro berada di sungai yang mengalir deras di dataran tinggi dengan situasi air tidak kotor.

Namun, sangat disayangkan akibat hancurnya habitat asli ikan tombro membuat populasinya pada saat ini sangat menyedihkan bahkan dapat dikatakan ikan ini hampir punah. Akibat penangkapan yang berlebihan, hal tersebut mengurangi habitat ikan tombro di alam bebas.

Ikan tombro ini menjadi menu makanan populer di beraneka macam negara karena memiliki rasanya yang enak dan gurih. Ikan iki memiliki ukuran panjang maksimal bisa mencapai 1 meter, tetapi saat ini ukuran yang banyak ditemui hanya sekitar 30 cm.

2. Menentukan Umpan Ikan Tombro

4 Trik Penting Memancing Ikan Tombro

Umpan yang dapat digunakan untuk memancing ikan tombro seperti belalang, ulat, jagung, ubi rebus. Namun berdasarkan info para pemancing profesional, umpan ikan tombro paling jitu adalah ulat dan jagung.

Ada juga yang memancing ikan tombro dengan menggunakan kulit kelapa sawit sebagai umpannya. Pemakaian umpan tersebut bisa di kukus terlebih dahulu selama 15 menit, kemudian potong kecil-kecil dan lalu kaitkan pada mata pancing.

Untuk pemakaian jagung, anda juga bisa merebus jagung terlebih dahulu, lalu ambil dagingnya dan kaitkan pada mata pancing. Atau juga bisa daging jagung diparut terlebih dahulu sampai lembut, selanjutnya digiling supaya jagung bisa di bentuk bundar kecil-kecil, kemudian kaitkan pada mata pancing.

3. Trik Memancing Ikan Tombro Di Sungai

4 Trik Penting Memancing Ikan Tombro

Memancing ikan tombro memang memerlukan kesabaran, terutama jika ikan tombro berukuran besar. Karena terkadang ikan tombro yang berukuran besar suka nampak berenang kesana kemari namun tidak memakan umpan. Agar umpan anda bisa di makan ikan tombro, anda bisa sesuaikan umpan mancing ikan tombro seperti yang ada di atas.

Ikan tombro sering berada di alam liar, seperti sungai dan danau dengan keadaan air yang masih jernih dan berarus deras. Namun, terkadang ikan tombro berada di arus yang tenang di dataran tinggi atau pegunungan.

Jika memancing ikan tombro di sungai yang deras, gunakan timah pemberat agar umpan tidak bergeser dan terbawa arus. Selain itu pakailah crane swivel untuk meminimalkan senar kusut karena derasnya arus sungai.

4. Trik Jitu Memancing Ikan Tombro Di Sungai

4 Trik Penting Memancing Ikan Tombro

Untuk memancing ikan tombro pakailah joran yang lentur dan dilengkapi dengan reel. Trik jitu mancing ikan tombro di sungai ini sangat tergantung pada jenis senar yang dipakai oleh pemancing.

Semakin besar senar yang digunakan akan semakin mudah di ketahui oleh ikan tombro dan pastinya ikan tombro tidak akan memakan umpan anda karena ketakutan. Jadi untuk menghindari hal tersebut, pakailah senar yang berukuran di bawah 0,18 mm.

Karena memakai senar dengan ukuran yang kecil maka reel bisa menampung senar lebih panjang. Sehingga ketika menginginkan memancing di laut tidak perlu mengubah senar tersebut.

Gunakan pelampung pada alat pancing yang anda gunakan, karena tombro bukan jenis ikan dasaran. Lalu atur kedalaman umpan sesuai keadaan air pada spot mancing anda, karena ikan tombro jarang sekali berenang pada dasar air.

Memancing ikan tombro juga bisa tanpa menggunakan pelampung, yaitu dengan menahan senar dengan jari. Kemudian rasakan getaran senar ketika umpan disentuh olehnya. Cara ini memang lebih susah, namun mempunyai sensasi yang nikmat ketika terasa getaran umpan yang sedang di makan ikan tombro.

Mancing di alam bebas memang lebih asik dibandingkan pada saat memancing di kolam pemancingan. Namun memancing seperti di rawa, sungai maupun danau tidak semudah pada saat memancing di kolam.

Itulah beberapa trik penting memancing ikan tombro yang harus anda ketahui terlebih dahulu. Semoga adanya artikel ini bisa membantu anda agar hasil pancingan anda lebih maksimal.

Baca Juga Pengertian Memancing

4 Trik Penting Memancing Ikan Tombro
Kembali ke Atas