5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik

5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik

5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik

Umpan Ikan Baung – Banyak sekali masyarakat Indonesia yang memancing ikan baung untuk dijadikan menu makanan, karena memiliki rasa yang lezat. Namun, mungkin masih banyak para pemancing ikan baung yang tidak mengetahui umpan jitu yang digunakan oleh pemancing profesional.

Ikan baung memiliki berat bisa mencapai 15 kg khususnya di daerah Sumatera dan Kalimantan yang masih memiliki banyak alam. Namun di Jawa pun banyak tersebarnya ikan baung, diantaranya adalah waduk gajah mungkur dan juga sungai sungai lain yang memiliki arus deras dan keruh.

5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik Yang Bisa Anda Gunakan

Pada kesempatan kali ini, mancingkuy akan membahas beberapa umpan ikan baung terbaik yang bisa anda jadikan referensi memancing ikan baung. lebih jelasnya lagi anda bisa simak pembahasannya di bawah ini :

Baca Juga : 6 Rekomendasi Umpan Udang Galah Terbaik

1. Umpan Kucur

5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik

Bisa dibilang kucur adalah salah satu umpan ikan baung terbaik dan efektif, bahkan seringkali digunakan untuk memancing ikan baung besar. Namun anda harus meraciknya terlebih dahulu agar memiliki bau yang sangat menyengat.

Dengan umpan ini anda harus membuatnya dengan cara fermentasi terlebih dahulu. Di dalam proses fermentasi tersebut akan menghasilkan bau busuk. Hal tersebut adalah tujuan, karena bau yang disukai ikan baung adalah yang memiliki bau menyengat atau busuk. Cara pembuatannya anda bisa lihat di bawah ini :

Bahan-Bahan :

  • Daging ikan.
  • Lemak sapi.
  • Kapas.

Cara Membuat :

  • Ambil lah daging ikan, pisahkan dari durinya.
  • Kemudian haluskan daging ikan.
  • Simpan di dalam plastik atau toples dan tutup rapat agar tidak ada oksigen yang masuk.
  • Lalu simpan selama 3 atau 4 hari.
  • Setelah 3 atau 4 hari, masak lemak sapi hingga keluar minyaknya.
  • Ambil minyaknya saja, lalu campurkan dengan daging ikan dan kapas.
  • Aduk hingga merata.
  • Setelah itu simpan lagi adonan tersebut dalam wadah yang tertutup rapat selama 1 minggu.
  • Saat sudah satu minggu, umpan kucur siap digunakan untuk memancing ikan baung.

2. Kijing Atau Kerang Sungai

5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik

Kemudian salah satu umpan ikan baung terbaik selain kucur adalah kijing atau kerang sungai. Kelemahan umpan ikan baung ini mungkin tidak semua pemancing ingin mencari kerang sungai. Kerang ini bisa didapatkan di sungai yang dangkal dan di sungai yang jernih.

Cara membuat umpan kijing pun sangat mudah, pertama anda bisa ambil daging kerang dari cangkangnya. Kemudian potong-potong sesuai ukuran kail yang anda gunakan. Kemudian jemur sebentar agar kandungan airnya berkurang namun jangan sampai kering.

Setelah itu campur kerang sungai dengan masako dan aduk secara kerang sungai yang sudah dicampur dengan masako hingga merata.

Selanjutnya simpan kerang sungai di dalam toples atau botol air mineral yang ditutup rapat, dan diamkan selama 3 hari. Setelah itu umpan ikan baung dengan menggunakan kijing siap digunakan.

3. Fermentasi Usus Ayam

5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik

Sudah bukan rahasia jika usus ayam adalah salah satu umpan ikan baung terbaik di dalam air yang keruh. Cara meraciknya adalah campur usus dengan telur ayam dan margarin.

Aduk campuran tersebut hingga merata, selanjutnya diamkan dahulu selama 3 hari di dalam wadah yang tertutup rapat. Hal tersebut agar bau dari racikan umpan ini bisa lebih terasa, bahkan beberapa pemancing ada yang menggunakan umpan dengan bangkai ayam.

4. Siput

5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik

Cara pembuatan umpan ikan baung dengan siput sangatlah mudah, anda bisa menghancurkan cangkangnya dan ambil dagingnya saja, lalu buang bagian kaki siput. Selanjutnya masukkan ke dalam botol aqua dan simpan selama 4 hingga 6 hari. Setelah itu umpan bisa anda gunakan.

Racikan ini bisa anda gunakan untuk memancing ikan baung pada saat malam hari maupun siang hari. Namun para pemancing ikan baung biasanya menggunakan umpan ini, pada saat malam hari.

5. Umpan Alami

5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik

Selanjutnya anda juga bisa mencoba dengan menggunakan umpan alami untuk dijadikan sebagai umpan mancing ikan baung di air jernih. Umpan-umpan alami berikut ini tidak perlu diracik lagi, anda tinggal langsung memakainya saja. Di bawah ini adalah daftar umpan alami ikan baung :

  • Ikan sepat.
  • Udang kecil.
  • Ulat bambu.
  • Ulat pisang.
  • Jangkrik.
  • Buah nangka matang.

Jadi seperti itulah beberapa rekomendasi umpan ikan baung terbaik yang bisa anda jadikan referensi. Semua umpan tersebut sudah terbukti dan tidak akan membuat anda rugi pada saat mancing ikan baung. Jika anda ingin memahami lebih mengenai ikan baung, anda bisa langsung simak penjelasannya yang sudah dirangkum oleh Wikipedia.

5 Rekomendasi Umpan Ikan Baung Terbaik
Kembali ke Atas