5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes

5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes

5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes

Memancing Ikan Tawes atau nama lainnya adalah ikan lalawak, trub hawy, bale kandia dan badir ini merupakan jenis ikan air tawar. Keberadaan ikan tawes tersebar luas hingga ke pelosok negeri.

Ikan tawes juga memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih, selain itu harga jual ikan tawes ini juga cukup sangat mahal. Bagi anda yang tertarik memancin ikan ikan tawes, maka ketahui beberapa fakta dan trik memancing ikan tawes terlebih dahulu.

5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes Yang Harus Anda Ketahui

Sebelum pergi memancing ikan tawes, ada beberapa hal yang tentunya perlu anda perhatikan dan dipersiapkan, diantaranya yaitu joran, reel, dan umpan.

Namun jangan khawatir pada artikel ini, selanjutnya akan membahas beberapa trik penting mancing ikan tawes yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu :

Baca Juga : Cara Memancing Ikan Bawal Paling Jitu

1. Spot Memancing

5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes

Sebelum memulai memancing ikan tawes, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu dimana lokasi spot mancing ikan tawes. Habitat ikan tawes sendiri biasanya ada di sungai dan rawa.

Tetapi bukan sembarang sungai, karena ikan tawes tidak tahan hidup di sungai yang tercemar kotoran yang banyak. Ikan tawes ini biasanya banyak dijumpai di sungai yang jernih dan berarus.

Selain di sungai dan di rawa, anda juga bisa memancing ikan tawes di beberapa waduk yang ada di daerah anda. Ikan tawes juga bisa menjadi ikan budidaya yang bernilai ekonomis tinggi.

2. Memperhatikan Joran (Alat Pancing) Dan Senar

5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes

Trik memancing ikan tawes selanjutnya adalah memperhatikan jenis joran yang akan anda gunakan untuk memancing ikan tawes. Jika anda memiliki joran antena, sebaiknya anda jangan menggunakan joran tersebut.

Sebab, joran antena akan menghasilkan tarikan yang sangat kuat sehingga mulut ikan akan robek kemudian ikan lepas. Lebih bagus menggunakan joran tegek (pole) yang agak lentur, dengan panjang kira-kira 270-360 cm agar nyaman di buat strike ikan tawes.

Kemudian anda harus menggunakan pelampung kayu ataupun anda bisa menggunakan pelampung yang memiliki ukuran 3-5 cm. Pelampung yang kecil lebih peka terhadap ikan-ikan kecil.

Anda sebaiknya menggunakan senar yang lebih tipis dan lentur, karena ikan tawes makan dengan cara disedot, bukan disambar. Apabila senar pancingnya kaku, maka umpan-nya akan sulit tersedot dengan cepat sehingga anda akan kesulitan mendapatkan ikan tawes.

Jika di sungai yang besar, anda bisa menggunakan teknik mancing dengan cara di lempar, yaitu memakai joran antena, tanpa pelampung, dengan bel jepit di ujung joran. Agar lebih baik lagi, gunakan banyak kail yang dirangkai dengan pelindung karet agar umpan tidak mudah hanyut terbawa arus sungai.

Kemudian gunakan pelampung yang besar seperti timah, agar anda bisa melemparnya dengan mudah dan pastinya lemparan anda pasti pas pada target yang anda inginkan.

3. Perhatikan Kail

5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes

Bicara tentang kail yang tepat untuk mancing ikan tawes, perlu anda perhatikan bahwa mulut ikan tawes kecil dan ikan tawes makan dengan cara disedot. Jika kailnya terlalu besar, maka kail biasanya tidak akan masuk di mulut ikan tawes tersebut.

Oleh karena itu, dilihat terlebih dahulu berapa rata-rata ukuran ikan tawes yang ada, baru kemudian bisa pilih kail yang tepat untuk anda gunakan. Untuk ikan tawes berukuran kecil tidak lebih dari 2 jari tangan.

Jika anda menggunakan umpan lumut, ataupun pelet gunakan kail yang berukuran 0,3 agar umpan anda pas pada kail. Apabila anda menggunakan umpan cacing tanah gunakan kail yang berukuran 1.

Tetapi jika rata-rata pada spot anda ikan tawes berukuran yang besar, pakailah kail ukuran 3-4 dengan menggunakan umpan lumut, pelet, dan cacing. Jika anda tidak mengerti dengan ukuran ikan tawes di sungai tempat mancing anda lebih baik pakai kail ukuran 1 saja.

Pada umumnya ikan tawes suka umpan lumut, tetapi menggunakan umpan lumut pada musim panas kurang efektif karena di dasar sungai sudah tersedia banyak lumut. Apabila ingin memancing ikan tawes di musim panas, alangkah baiknya anda menggunakan umpan pelet.

4. Rangkaian (Setting) Pancingan

5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes

Setting antara jarak kail ke pelampung harus pas, para pemancing profesional bisa mencobanya dari mulai jarak satu jengkal sampai lima jengkal. Karena untuk teknik mancing ikan tawes anda harus bisa dan pandai dalam memainkan naik atau turun sampai ikan tawes memakan umpan anda.

5. Menggunakan Umpan Lumut

5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes

Jika musim hujan, pada umumnya umpan lumut sudah cukup untuk mancing tawes. Namun ada waktu yang baik untuk memancing ikan tawes yakni pada 3-4 hari sesudah banjir.

Karena umumnya kalau banjir menyebabkan ikan tawes stress dan tidak mau makan, sehingga 3-4 hari sesudah banjir ikan tawes dalam kondisi kelaparan dan sudah mau makan lagi.

Sumber : Wikipedia

5 Trik Penting Memancing Ikan Tawes
Kembali ke Atas