Cara dan Umpan Mancing Ikan Baung

Mancing ikan baung

Mancing ikan baung – ikan yang masih berkerabat dekat dengan ikan lele ini sangat di gemari oleh pemancing di Indonesia.

Baung adalah ikan air tawa yang hidup dari perairan di muara sungai sampai ke bagian hulu. Baung ini memiliki sifast noktural ( melakukan aktivitas malam hari ) mungkin beberapa pemancing sudah mengetahui hal ini. Memancing ikan ini mempunyai sensasi tersendiri oleh para pemancing ikan ini memiliki tarikan yang kuat adalah salah satu tujuan para pemancing menargetkan ikan ini, selain tarikan yang kuat ikan ini memiliki rasa daging yang enak.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ikan baung ini dari tips memancing dan umpan yang di sukai oleh ikan ini, kalian dapat mencari tahu agar kalian bisa mendapatkan ikan yang banyak.

Cara Memancing Ikan Baung 2022

1). Menyiapkan umpan yang akan di gunakanĀ 

Mempersiapkan umpan sebelum memancing adalah hal yang sangat penting dalam mancing ikan baung, kalian perlu mengetahui umpan yang di sukai ikan ini agar mendapatkan strike. Memang ikan ini adalah ikan pemakan segala dan kalian dapat memancing dengan cacing pada umumnya seperti ikan-ikan lain.

Namun, ikan baung pada habitatnya memakan ikan-ikan kecil, serangga, udang, siput, tanaman air, dan hewan kecil lainnya. Ada juga umpan yang cukup efektif untuk memancing ikan ini.

2). Pemilihan Waktu yang TepatĀ 

Pemilihan waktu yang tepat adalah salah satu strategi yang memang banyak di gunakan oleh para pemancing ikan baung, seperti yang kita ketahui, baung adalah salah satu ikan yang beraktifitas pada malam hari. Kalian dapat memancing ikan baung pada malam hari, karena pada malam hari ikan ini beraktifitas mencari makan dan lainnya. Hal tersebut juga sudah di buktikan oleh beberapa pemancing.

3). Pemilihan Spot atau Tempat MemancingĀ 

Pemilihan spot memancing juga menjadi kunci keberhasilan kita mendapatkan strike, karena ikan baung memiliki kebiasaan berada di perairan yang tenang dan tidak bergelombang. Jika kalian sudah mendapatkan spot yang sama seperti di atas kalian memiliki peluang untuk mendapatkan ikan baung.

Umpan Ikan Baung yang Gacor

1). Anak ikan puyau

Mancing ikan baung

Ikan payau atau nilem, yang merupakan ikan air tawar yang biasa hidup dipermukaan air. Untuk memancing ikan baung gunakanlah anakan ikan puyau yang cukup kecil, dan umpan ini sangat efektif digunakan. Hanya saja penggunaan umpan anakn ikan puyau ini lebih tepat saat memancing dimalam hari.

Caranya adalah dengan mengaitkan kail dibagian sirip atas anak ikan puyau, kemudian lempar lah umpan tersebut ketengah sungai dan biarkan lah anak ikan tersebut bergerak. Tunggu hingga anda mendapatkan sambaran ikan baung, dan strike.

Perlu kalian ketahui penggunaan ikan payau harus ikan yang masih hidup, dan bukannya yang telah mati. Dan cara mendapatkan anak ikan puyau ini sangat mudah, anda bisa membuat gumpalan rumput ( kumpai ), kemudian ikat menggunakan tali dan kayu, kemudian gumpalan rumput tersebut letakkan di air dan ketika malam hari silahkan anda gunakan tangguk pada gumpulan rumput tersebut, sudah pasti ada beberapa anak ikan puyau yang akan anda dapatkan.

2). Pariata

Mancing ikan baung

Pariata adalah sebutan untuk perut ayam yang difermentasi. Caranya yaitu dengan menyimpan perutan ayam didalam sebuah botol kemudian berilah mentega didalamnya, dan biarkan perutan ayam tersebut membusuk. Ada juga yang menambahkan kapas didalam pembuatan fermentasinya, supaya umpan tidak mudah hancur saat dikaitkan dimata kail dan dilempar kedalam sungai. Biasanya pariata ini memiliki aroma yang sangat menyengat, sehingga mengundang ikan untuk mendekatinya.

Adapun perutan ayam yang digunakan untuk pembuatan pariata ini berupa usus-usus ayam. Masyarakat kalimantan menyebutnya pariata, yaitu umpan untuk memancing ikan. Dan pariata ini juga cukup efektif untuk memancing ikan baung karena memiliki aroma yang khasnya.

3). Umpan cacing

Mancing ikan baung

Umpan dengan cacing untuk semua orang sudah mengetahuinya, dari ikan kecil dan besar dapat kalian pancing dengan menggunakan cacing. Cacing merupakan salah satu umpan yang sangat disukai oleh ikan baung, karena cacing memiliki aroma amis yang dapat memancing ikan baung untuk mendeketan dan makan umpan kalian. Untuk penggunaan cacing kalian dapat menggunakan 2 hingga 3 cacing untuk memancing ikan baung.

Baca Juga : 7 Tenik Memancing Untuk Pemula Wajib Tahu.

Cara dan Umpan Mancing Ikan Baung
Kembali ke Atas