Cara Memancing Ikan Gabus

Cara Memancing Ikan Gabus

Cara Memancing Ikan Gabus – Setelah terbang di udara seperti bola gaucho, rig menghantam air dengan percikan. Meskipun mungkin bukan presentasi yang paling disukai pemancing saat menyelinap melalui perairan dangkal di bawah tenaga motor trolling, Kapten Lee Parsons (Gottafly Guide Service, Wilmington, North Carolina, 910-540-2464) tahu bahwa rig gabusnya akan menarik perhatian.

Pelampung diluruskan, menandakan umpan kepala belanak telah selesai. Terhuyung-huyung di kendur, Parsons menjentikkan tongkat, menyebabkan pelampung membajak di permukaan dan meninggalkan jejak gelembung di belakangnya.

Baca Juga : Cara Memancing Ikan Lele

Ikan itu adalah yang pertama dari banyak hari itu, termasuk ikan flounder dan ikan trout berbintik-bintik, yang menjadi salah satu trik memancing tertua. Saat ini, gabus popping terbuat dari styrofoam atau busa yang lebih keras, jadi istilah “float” secara teknis lebih akurat.

Namun, “GABUS” tetap ada dalam leksikon sebagai anggukan kekaguman kepada pemancing pertama yang memasang garis melalui sumbat botol dengan atap datar.

Parsons menggunakan pelampung styrofoam besar dalam hal ini karena memiliki pelampung lebih banyak daripada pelampung busa keras dengan ukuran yang sama, dan kepala belanak adalah umpan besar dan tahan lama yang akan menenggelamkan pelampung yang lebih kecil. Kepala cekung berdiameter besar pelampung styrofoam mengaduk-aduk lebih banyak keributan daripada pelampung busa keras.

Pelampung yang lebih kecil dan berbentuk oval lebih baik untuk memancing umpan halus seperti udang. Menyentak tali terlalu keras akan merobek kail dari umpan alami yang lembut, dan kepala pelampung yang bundar tidak menghasilkan banyak perlawanan. Menambahkan pembuat kebisingan mengkompensasi kurangnya pop permukaan.

Bagaimana Cara Memancing Ikan Gabus Popping?

Gabus popping datang dalam berbagai gaya, dan banyak yang sudah dilengkapi dengan pemimpin dan umpan, seperti udang plastik dengan bobot internal. Gabus popping yang dipasang sebelumnya memiliki kombinasi hook, lure, dan leader yang sangat cocok untuk memberikan keseimbangan lure.

Beberapa umpan lebih tahan lama, dan banyak yang membutuhkan kait khusus yang diberi bobot “hanya-begitu”. Atau mereka mungkin memiliki betis berduri untuk menahannya selama presentasi kekerasan.

Beberapa umpan udang modern dapat menangkap puluhan ikan sebelum perlu diganti. Hampir semua ikan buruan bisa menyerang satu, dan ikan bergigi seperti bluefish dapat menghancurkan umpan lunak atau pemimpin monofilamen. Oleh karena itu, banyak pemancing membuat sendiri popping cork rig dan membeli soft lures yang murah.

Tempat tidur rumput, titik, gundukan pasir dan struktur buatan adalah tempat yang bagus untuk menggunakan gabus popping. Jika ada arus, pemancing dapat menggunakannya untuk mengarahkan gabus ke tempat yang tepat. Di daerah tanpa arus, seperti lubang rumput, umpan dapat dipancing untuk waktu yang lama tanpa harus memindahkannya dari tempat ia terciprat.

Ciri Khas Gabus Popping

Ciri khas dari popping cork adalah suaranya yang khas. Jepret ujung batang dan pelampung berbunyi “pop-pop.” Iming-iming naik lalu turun menggiurkan, ikan menyelidiki suara, melihat iming-iming dan memakannya. Kebanyakan rig memiliki wire harness yang memanjang melalui float. Berbagai susunan manik-manik plastik dan/atau logam yang meluncur pada kawat menghantam bagian bawah dan atas pelampung saat tali ditarik, meniru suara udang yang membalik ekornya.

Para pencela menyebut popping gabus sebagai “peralatan nelayan malas” karena sangat mudah digunakan. Meskipun demikian, dibutuhkan kesabaran untuk memancing gabus yang muncul dengan benar karena penting untuk membiarkan rig berada di antara gabus. Gabus mungkin yang menarik ikan, tetapi umpan atau umpan harus jatuh secara alami untuk menarik pemogokan.

Bahkan setelah umpan telah jatuh sepenuhnya, arus, angin, dan garis kendur yang berputar masih memberikan gerakan pada persembahan. Seekor ikan mungkin hanya melihat atau mengendusnya. Setiap gerakan halus yang dibuatnya setelah jatuh dapat memicu ikan untuk menyerang.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kombinasi gabus, pemimpin, dan umpan berfungsi dengan baik untuk kondisi di mana anda sedang memancing adalah dengan meletakkan rig di samping perahu dan menghitung waktu yang diperlukan untuk turun sepenuhnya melalui air. Untuk membuatnya jatuh lebih cepat, tambahkan bobot pada pemimpin atau gunakan umpan yang lebih berat.

Umpan Untuk Memancing Ikan Gabus

Melempar umpan plastik keras pada gabus yang muncul adalah trik ahli. Ini mematikan untuk memancing batu, tempat tidur tiram, dermaga, tembok laut, jembatan, dermaga dan terumbu buatan, di mana kemampuan rig untuk menghindari halangan sangat berguna. Melempar umpan dengan pengait treble di atas atau di samping hotspot yang dipenuhi hambatan seperti itu penuh dengan bahaya, dan hardbait mahal untuk diganti.

Rig gabus yang muncul tidak hanya membuat umpan tergantung di atas atau pada jarak horizontal yang aman dari struktur, tetapi juga memiliki manfaat tambahan untuk menarik ikan ke umpan dan menjaga umpan di zona pemogokan lebih lama daripada presentasi cast-and-reel normal.

Umpan terbaik adalah model dengan daya apung netral atau model suspensi, seperti MirrOlure’s MirrOdine suspending twitchbait. Memotong gabus membuat umpan menyerupai ikan umpan yang terluka, naik tidak menentu lalu jatuh perlahan.

Fleksibilitas inilah yang membuat popping cork menjadi rig yang populer. Ini akan menempatkan pemancing pemula pada gigitan segera, tetapi pemancing yang terampil dapat menyesuaikannya untuk presentasi yang lebih halus yang membuat umpan lebih produktif. Musim panas ini, pastikan popping gabus adalah bagian dari gudang senjata anda.

Cara Memancing Ikan Gabus
Kembali ke Atas