Cara Memancing Ikan Lele

Cara Memancing Ikan Lele

Cara Memancing Ikan Lele – Lele merupakan jenis beberapa ikan yang paling diremehkan di negara ini. Mereka tumbuh besar, rasanya enak, dan mereka bertarung habis-habisan. Dalam panduan singkat ini, Anda akan belajar cara menangkap Lele, mulai dari dasar-dasar memancing seperti membedakan spesies hingga teori lanjutan tentang di mana, kapan, dan cara mendatangkan monster.

Baca Juga : Tips Memancing Ikan Bandeng

Cara Memancing Ikan Lele dan Jenis Lele

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang menangkap ikan lele adalah ada lebih dari satu jenis. Anda tidak akan menggunakan taktik yang sama untuk Steelhead sebagai Lake Trout, jadi mengetahui Lele mana yang Anda targetkan adalah kunci keberhasilan.

Ada tiga spesies utama Lele yang menjadi target pemancing di AS: Blue Catfish, Channel Catfish, dan Flathead Catfish. Mereka dapat muncul di perairan yang sama dan mungkin berburu mangsa yang sama, tetapi mereka adalah makhluk yang sangat berbeda. Berikut adalah pandangan singkat pada setiap spesies untuk membantu Anda memilih target Anda.

Ikan Lele Flathead

Flathead Catfish mungkin adalah Kucing yang paling sulit ditangkap. Mereka soliter, sulit ditemukan, dan melakukan perlawanan serius begitu Anda mengaitkannya. Bahkan pemancing berpengalaman pun senang menangkap satu ikan besar per perjalanan. Flatheads hidup di seluruh lembah Sungai Mississippi, Missouri, dan Ohio. Mereka dapat muncul dari North Dakota ke Danau Erie dan dari Florida Panhandle ke Meksiko.

Flathead biasanya maksimal sekitar 100 pon, tetapi monster telah memberi tip pada timbangan di 120 pon di masa lalu. Mereka mudah dibedakan dari spesies lain, dengan tubuh panjang dan kepala persegi dan pipih (karena itu namanya).

Ikan Lele Biru

Blue Catfish adalah yang terbesar dan paling berharga dari America’s Catfish. Mereka dapat tumbuh hingga ukuran raksasa, dengan rekor all-tackle yang beratnya mencapai 143 pon yang luar biasa. Hal yang hebat tentang Kucing Biru adalah mereka tidak sendirian seperti Flatheads. Anda dapat mendaratkan sejumlah besar dari mereka serta raksasa individu. Ini membuat perjalanan memancing yang jauh lebih penuh aksi.

Kucing Biru hidup dalam kisaran yang sama dengan Flatheads tetapi mereka biasanya terbatas pada perairan yang lebih dalam di danau dan bagian sungai utama. Mereka suka nongkrong di sekitar arus kuat di mana mereka menunggu untuk menyergap mangsa.

Ikan Lele Saluran

Kucing Saluran jauh lebih kecil daripada sepupu mereka yang biru dan berkepala datar. Kebanyakan ikan tidak mencapai 20 pon dan pemancing biasanya mencari angka lebih dari ukuran saat menargetkannya. Anda mendapatkan monster sesekali, dengan ikan di kisaran 50 lb dekorasi buku rekor dan rak perapian.

Channel Catfish mungkin bukan Kucing terbesar di blok itu, tetapi mereka bisa berkeliling. Anda dapat menangkap Kucing Saluran hampir di mana-mana di sebelah timur Pegunungan Rocky dan juga ke Meksiko dan Kanada.

Cara Membedakan Ikan Lele Biru dan Channel

Kucing Biru dan Kucing Saluran sulit dibedakan. Secara teori, Channel Catfish berwarna coklat dengan bintik-bintik gelap, sedangkan Blue Catfish berwarna biru. Warna lele bervariasi, dan Kucing Saluran kehilangan bintik-bintiknya begitu mereka cukup besar untuk dikacaukan dengan Biru.

Cara termudah untuk membedakan ikan adalah dengan ekornya. Blues dan Channels keduanya memiliki ekor bercabang, tetapi Kucing Biru memiliki garpu yang lebih lurus dan lebih runcing sementara Kucing Saluran memiliki ekor yang lebih bulat. Kucing Biru juga memiliki lebih banyak sinar di sirip duburnya – sekitar 30–35, ayat 25–28 di Kucing Saluran.

Waktu Terbaik untuk Menangkap Ikan Lele

Stereotip lain tentang Lele adalah Anda harus menangkapnya di malam hari. Kebanyakan orang pergi memancing setelah gelap tetapi itu tidak berarti Anda tidak bisa mendaratkan monster di siang hari. Itu tergantung di mana Anda memancing dan spesies apa yang Anda cari.

Flathead adalah yang paling aktif di malam hari. Pada malam hari, mereka lebih senang keluar dari persembunyian atau lubang persembunyiannya. Ini adalah waktu terbaik untuk menemukannya, tetapi Anda juga dapat mendaratkan Flathead di bawah sinar matahari dengan mengerjakan penutup yang cenderung mereka sembunyikan.

Kucing Biru dan Kucing Saluran tampaknya makan sesuai jadwal mereka sendiri, terlepas dari waktu. Satu hal yang perlu diingat adalah monster Blues akan lebih aktif di siang hari jika ada arus kuat untuk berburu. Di perairan yang bergerak lambat, mereka biasanya berburu di malam hari.

Memancing Ikan di Malam Hari

Ada dua alasan bagus mengapa orang pergi memancing di malam hari – jauh lebih dingin dan ikan muncul di air yang jauh lebih dangkal. Mengapa? Sederhananya, Lele mengikuti perutnya dan perutnya mengikuti hijauan. Topwaters menjadi terlalu hangat untuk umpan ikan di hari musim panas. Mereka juga merasa lebih aman di perairan terbuka di bawah naungan kegelapan. Ikan lele adalah pemburu berbasis aroma, dan tidak memiliki masalah melacak hijauan dalam gelap.

Penangkapan Ikan Lele Siang Hari

Menangkap Lele di siang hari jauh lebih mudah dari perahu karena Anda bisa keluar ke perairan yang lebih dalam. Anda dapat memancing dari pantai, Anda hanya perlu dapat melemparkan secara akurat ke air yang dalam. Mulailah dengan memancing poin dan punuk di bagian terdalam sungai atau danau, kemudian lanjutkan ke perairan dangkal sampai Anda menemukan kedalaman yang tepat. Ini membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam tentang perairan tempat Anda memancing, tetapi itu bisa sama bermanfaatnya.

Musim Terbaik Untuk Memancing Lele

Sekali lagi, kebanyakan orang memiliki pandangan yang terbatas tentang kapan harus menangkap Lele. Anda mungkin berpikir bahwa penangkapan ikan lele hanyalah kegiatan musim panas. Tentu, musim panas adalah waktu terbaik untuk menemukan Lele, tetapi Anda dapat menangkapnya sepanjang tahun. Tidak jarang bahkan menangkap Kucing Saluran melalui es! Ini bervariasi berdasarkan spesies tetapi aturan umum adalah bahwa mereka menyukai air yang dalam dan bergerak lambat di musim dingin dan air yang lebih dangkal dan lebih cepat di musim panas.

Cara Memancing Ikan Lele
Kembali ke Atas