8 Cara Penting Memancing Udang Galah

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

Memancing Udang Galah – Sebagai negara perairan, masyarakat Indonesia sangat menggemari berbagai hidangan laut. Terutama Restoran seafood dengan berbagai jenis masakan tersebar di berbagai daerah nusantara. Salah satu menu seafood yang menjadi favorit bagi masyarakat indonesia yaitu udang.

Dengan rasa daging yang gurih, lembut, dan lezat, udang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai antioksidan, mencegah oksidasi dalam tubuh, dan menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh.

Udang termasuk makanan laut yang mudah ditemukan, tidak hanya ada di laut saja, udang ada yang berasal dari air tawar, salah satunya adalah udang galah.

Harga udang galah cukup tinggi di beberapa pasar, sekitar Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu per kilogram. Karena hidup di air tawar, udang galah dapat dibudidayakan para petani dengan menggunakan kolam buatan ataupun sekat bambu.

Udang air tawar ini memiliki ciri khas yaitu warna tubuhnya yang bervariasi, ada udang galah yang berwarna hijau kecoklatan, hijau kebiruan, dan kuning kecoklatan.

8 Cara Penting Memancing Udang Galah Untuk Pemula

Sekarang anda tahu kan mengenai jenis udang galah tersebut, mari kita lanjut ke topik utama mengenai cara memancing udang galah di bawah ini :

Baca Juga : 4 Teknik Memancing Belut

1. Memilih Spot (Lokasi) Memancing Udang Galah

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

Udang galah memang mudah ditemukan di perairan air tawar, terutama di habitat aslinya yaitu sungai. Anda harus memahami karakteristik kehidupan udang galah.

Udang galah yang masih kecil hidup di air payau dan akan berpindah ke air tawar saat ia sudah dewasa. Jika anda ingin mendapatkan udang galah yang besar, memancinglah di air tawar.

Jika anda ingin memancing udang galah di sungai, pilih sungai dengan aliran air yang relatif tenang. Karena udang galah tidak mampu bertahan hidup di perairan yang memiliki arus deras.

Udang sangat suka berlindung di balik ranting dan dedaunan, sehingga akan lebih mudah menemukan mereka dalam kondisi air surut. Selain itu, pilih sungai dengan banyak pepohonan, akar, ranting, dan kayu yang melengkung ke sungai. Udang galah biasanya banyak bersembunyi di tempat-tempat tersebut.

2. Menentukan Waktu

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

Cara memancing udang galah selanjutnya, anda harus mengetahui waktu yang tepat agar bisa memaksimalkan pendapatan anda. Karena para nelayan mencari ikan pada saat menjelang matahari terbenam di sore hari dan menjelang matahari terbit di pagi hari.

Karena pada saat itu udang galah di laut sedang mencari makan sehingga mereka lebih mudah didapatkan. Ketika hari sedang gelap, udang galah lebih agresif muncul ke perairan untuk mencari makan.

3. Menentukan Peralatan Memancing Udang Galah

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

Sebelum pergi memancing udang galah, pastikan peralatan anda sudah disiapkan terlebih dahulu. Peralatan yang harus anda bawa adalah joran (alat pancing).

Pilih joran yang ujungnya lentur dengan ring kecil, dan pastikan joran yang anda bawa adalah joran yang sensitif agar mudah mendeteksi setiap pergerakan.

Anda juga harus menyiapkan reel spinning kecil dengan tali senar 0,2 atau 0,3 mm agar udang galah tidak mudah lepas. Gunakan kail khusus udang dengan ukuran 9-12, lalu timah pemberat kecil yang tidak mudah terbawa arus.

4. Memilih Umpan Yang Tepat

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

Setelah melengkapi semua peralatan, satu yang tidak boleh ketinggalan untuk memancing udang galah adalah memilih umpan yang tepat. Biasanya umpan yang digunakan adalah cacing bakau, cacing susu, dan cacing tanah.

Gunakan umpan yang masih hidup dan bergerak-gerak, karena udang galah akan mudah terpancing dengan umpan hidup.

Jika anda ingin mendapatkan banyak udang sekaligus, gunakan kelapa bakar yang sudah dipecah menjadi kecil-kecil, lalu taburkan dengan rata di lokasi anda memancing.

Selain cacing dan kelapa bakar, anda juga bisa menggunakan umpan memancing udang galah lainnya seperti serangga. Beberapa jenis serangga yang bisa digunakan adalah jangkrik, belalang, dan laron.

5. Memilih Joran (Alat Pancing) Yang Tepat

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

Joran yang digunakan untuk memancing udang galah berbeda dengan joran yang digunakan untuk memancing ikan pada umumnya.

Joran atau tiang utama pancing adalah alat yang bisa membantu anda mendapatkan banyak udang galah pada saat memancing. Biasanya joran terbuat dari bahan high modulus carbon dan extra hard EVA dan memiliki pegangan yang kuat, ringan, serta nyaman saat digenggam.

Panjang joran yang harus anda gunakan 213 cm dengan kemampuan menopang reel dengan sangat kuat dengan Fuji Alconite Guides, Fuji Reel Seat, dan Rubber Butt di bagian ujung atas.

Ada juga Joran Pancing Ozora Cruise 180CM dengan bahan full carbon yang kuat, namun tetap lentur dan ringan. Joran ini sangat sensitif dengan gigitan ikan berukuran kecil. Dengan panjang 180 cm, joran ini memiliki kekuatan 4-8,5 kg.

6. Memilih Senar Yang Tepat

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

Pilih senar pancing yang tepat pada saat memancing udang galah agar anda pendapatan menjadi semakin maksimal.

SUMAX Scorpion WX8 300M 0.31 senar pancing dari produsen senar terkenal menghadirkan senar dengan diameter tipis dan extra coating. Senar ini bisa menopang bobot hingga 21 kg. Kerennya lagi senar ini memiliki karakteristik lembut namun sangat kuat dan tidak mudah putus.

7. Memilih Mata Kail Yang Tepat

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

Memilih kail untuk memancing udang galah anda tidak boleh sembarangan memilihnya, gunakan mata kail khusus yang bisa di gunakan para pemancing udang galah.

Mata kail yang anda harus gunakan untuk memancing udang galah berbentuk lebih panjang, tipis dan menyerupai celurit. Ukuran mata kail untuk udang galah lainya bisa gunakan yang berukuran nomor 3.

8. Memilih Timah Pemberat (Timbel)

8 Cara Penting Memancing Udang Galah

Fungsi timah adalah sebagai pemberat agar umpan dapat tenggelam dengan sempurna di bawah air. Ada beberapa jenis timah yang bisa dipilih dan disesuaikan saat memancing udang galah yaitu timah berat, timah pasir, timah daun, timah ranggung, dan timah kawat.

Anda bisa memilih timah pancing, timah daun, ataupun lembaran balon yang dapat digunakan sebagai pemberat pelampung dan dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Agar timah tidak tergelincir hingga ke mata kail, gunakan plastik sebagai sekatnya.

SumberWikipedia

8 Cara Penting Memancing Udang Galah
Kembali ke Atas