Doa Memancing Ikan Dalam Quran

Doa Memancing Ikan Dalam Quran

Doa Memancing Ikan Dalam Quran

Doa dan usaha memang merupakan satu kesatuan yang tak bisa dilepaskan ketika anda ingin mencapai tujuan, ada yang namanya doa memancing ikan dalam quran. Oleh karena itu, doa memancing ikan memang perlu untuk diketahui. Tujuan dari doa ini agar ikan yang didapat banyak dan tentunya sesuai dengan ajaran Islam.

Memancing ikan sebenarnya sangat menguji kesabaran, ketenangan bahkan rasa bosan. Namun disitulah letak keindahan dalam memancing. Betul tidak? Nah, di bawah ini ada beberapa doa yang bisa kamu amalkan setiap akan memancing ikan.

Doa memancing ikan sendiri pada kenyataannya tidak pernah diriwayatkan di zaman Rasulullah. Hanya saja, ada satu doa yang menurut banyak orang sangat tepat untuk dipanjatkan ketika akan memasang umpan dan melemparnya ke dalam kolam atau sungai.

Doa memancing ikan ini adalah wujud dari pujian kepada Allah SWT serta harapan agar kegiatan memancing yang dilakukan bisa dicatat sebagai bentuk ibadah dan mendapat ikan yang banyak. Pada kesempatan ini macingkuy.com akan mengulas tentang doa memancing ikan dalam Quran.

Baca Juga : 8 Jenis Dan Fungsi Peralatan Memancing

Doa Memancing Ikan Dalam Quran

Mendapatkan ikan yang banyak tentu saja adalah tujuan utama pemancing. Berbagai upaya selalu dilakukan sebelum berangkat memancing. Mulai dari menyiapkan alat mancing ikan, meracik umpan, dan biasanya survei tempat sebelum hari H. Hal ini dilakukan agar benar-benar maksimal mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tidak hanya saat mau berangkat memancing, namun doa ini baiknya dipakai saat ada hal yang teman-teman inginkan. Maka amalkanlah ayat Al-Quran ini.

Quran Surat Fatir Ayat 2

مَّا يَفْتَحِ ٱللَّهُ لِلنَّاسِ مِن رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُۥ مِنۢ بَعْدِهِۦ ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Mā yaftaḥillāhu lin-nāsi mir raḥmatin fa lā mumsika lahā, wa mā yumsik fa lā mursila lahụ mim ba’dih, wa huwal-‘azīzul-ḥakīm

Arti:

Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

 

Quran Surat Fatir Ayat 3

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ هَلْ مِنْ خَٰلِقٍ غَيْرُ ٱللَّهِ يَرْزُقُكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ

Yā ayyuhan-nāsużkurụ ni’matallāhi ‘alaikum, hal min khāliqin gairullāhi yarzuqukum minas-samā`i wal-arḍ, lā ilāha illā huwa fa annā tu`fakụn

Arti:

Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?

2. Doa Memancing Ikan, Nabi Khidir

Doa yang kerap dibaca Nabi Khidir dan Nabi Sulaiman untuk memancing ikan di sungai atau di kolam. Doa yang dibaca kedua Nabi ini merupakan salah satu doa yang sangat populer bagi para mancing mania karena dengan doa ini bisa dijadikan sebagai lantaran biar dapat banyak ikan tanpa jimat, ajian atau primbon memancing.
Bukan hanya itu, doa ini juga bisa digunakan untuk memancing beberapa jenis ikan seperti ikan lele, mujair, atau ikan mas.

Berikut doa memancing ikan, Nabi Khidir :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

AL-HAMDU LILLAAHIL LADZII ROZAQONII HAADZA MIN GHAIRI HAULIN MINNII WA LAA QUWWATIN, ALLOOHUMMA BAARIK FIIHI

Artinya :

Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku.

Lalu ditambahkan dengan doa sebagai berikut :

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA AN TARZUQONII RIZQON HALAALAN WAASI’AN THOYYIBAN MIN GHAIRI TA’ABIN WALA MASYAQQATIN WALAA DLOIRIN WALAA NASHABIN INNAKA ‘A-LAA KULLI SYAI-IN QODIIR

Artinya :

Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.

Demikian artikel pembahasan kita tentang doa memancing ikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mendapatkan ikan yang banyak. Bila anda ingin mencari doa lain tentang mancing anda bisa mencari informasi tersebut melalui handphone di internet.

Doa Memancing Ikan Dalam Quran
Kembali ke Atas