Ikan Guppy: Ikan Hias Lucu Nan Cantik

Ikan Hias Guppy

Ikan Hias Guppy

Ikan Guppy yakni salah satu tipe ikan yang populer di golongan penggemar ikan hias. Ikan ini diketahui dengan warna yang istimewa dan menarik, semacam ikan hias air payau lain ialah cupang yang pula kita tahu keelokan siripnya.

Walaupun terkategori gampang dipelihara, perihal begitu pasti dapat mengundang sedikit tantangan untuk para pendatang baru. Ternyata menemukan hiburan dari dalam akuarium, malah tekanan pikiran yang diterima sebab kehabisan ikan kesayangan.

Lalu, gimana metode terbaik menjaga ikan piaraan, tidak lain ikan guppy? Tidak lain serta tidak bukan yakni dengan metode memahami karakteristik sampai lingkungan asli dari sang ikan jenis guppy itu sendiri.

Ucapan pertanyaan ikan hias, buat pemeliharaannya memanglah gampang- gampang sulit. Tetapi, buat pemeliharaan ikan kecil sendiri mengarah gampang. Oleh sebab itu, ikan tipe ini dapat jadi opsi pas untuk banyak orang yang mau menjaga ikan tetapi sedang biasa pertanyaan pemeliharaannya.

Tidak hanya pemeliharaannya yang mengarah gampang, terdapat sebagian alibi yang lain mengapa dianjurkan buat menjaga ikan tipe ini. Nah, ayo ikuti selanjutnya ini alasan menjaga ikan lucu untuk para pemula dari mancingkuy.com.

Ikan Guppy

  • Memilliki Bentuk yang Cantik

Ikan Guppy ini memilliki bentuk yang menawan yang hendak menolong membuat hari- harimu jauh lebih mengasyikkan. Ikan tipe ini pula mempunyai corak warna yang beraneka ragam dari badan sampai ekornya.

Cakupan warna ikan hias ini pula beragam. Terdapat ikan guppy yang warna merah jelas, albino, sampai multi- warna dengan pola pualam.

Dikutip dari web Treenhugger, badan ikan menawan guppy jantan mempunyai dimensi lebih kecil dan warna yang mengarah mencolok dibandingkan yang betina. Tetapi, yang betina mempunya warna akhir yang lebih banya macam.

  • Berukuran Kecil serta Murah

Ikan Guppy mempunyai dimensi kecil alhasil tidak menginginkan akuarium besar yang dapat menyantap banyak ruangan. Yakinkan buat sediakan air dekat 3, 5 liter dalam aquarium untuk tiap akhir guppy supaya tidak stress.

Tidak hanya ukurannya yang kecil, guppy pula dibanderol dengan harga yang mengarah ekonomis, serta buat memperolehnya juga mengarah gampang. Kalian dapat membelinya di e- commerce ataupun gerai ikan hias online dengan harga di dasar Rp 10. 000.

  • Mudah Pemeliharaannya

Guppy ini tercantum tipe ikan hias yang gampang pemeliharaannya. Kalian lumayan membenarkan kalau aquarium senantiasa dalam kondisi bersih serta tidak sempat terlambat membagikan santapan bernutrisi pada guppy, nyamuk misalnya. Tetapi, butuh kita cermati pula, ikan guppy ini rentan terhadap beberapa penyakit, salah satunya ialah peradangan jamur. Oleh sebab itu, yakinkan buat senantiasa menjaga guppy dengan bagus supaya bebas dari bermacam penyakit.

  • Mudah buat Dikembangbiakkan

Alasan yang lain mengapa butuh menjaga ikan tersebut ialah ikan tipe ini gampang buat berkembangbiak. Dikenal, tiap bulannya guppy sanggup bersalin 30 sampai 40 akhir. Cuma saja, ikan ini sering menyantap buah hatinya.

Hingga dari itu, bila guppy mulai bersalin, yakinkan buat merelaikan buah hatinya ke tempat yang lebih nyaman supaya tidak di konsumsi oleh biangnya.

6 Metode Peliharaan Ikan Guppy Supaya Sukses serta Panen

  1. Memilah Benih Ikan Terbaik

Metode peliharaan ikan guppy yang betul, bagus jantan serta betina merupakan memilah benih yang baik. Identitas ikan jenis guppy betina ialah mengarah mempunyai tubuh bundar, rupanya kumal, serta mengarah adem ayem dengan bercokol diri di bagian bawah ataupun dataran akuarium. Sedangkan itu, identitas ikan jantan mempunyai warna terang dengan badan yang ramping.

Supaya memperoleh anakan yang baik, memilih benih yang menang serta sudah berumur minimun 4 bulan. Cermati pula tubuh benih yang segar serta apik. Upayakan seluruhnya lembut, tidak terdapat cedera atuapun berbekas. Penanda kesuksesan dalam cara budidaya ikan guppy terdapat pada ikan jantan.

  1. Peliharaan Ikan Guppy di Ember serta Media Lain

Media budidaya ikan hias buat budidaya ikan hias jenis guppy, kalian membutuhkan 4 media dengan guna berlainan. Wadah terbaik itu merupakan akuarium, kolam semen ataupun ember plastik, aerator, serta tumbuhan air.

Media-media itu mempunyai 4 guna, ialah selaku tempat merelaikan indukan, tempat pemijahan, inkubasi, serta tempat pendederan. Besar serta ukurannya bisa beraneka ragam terkait suasana serta keinginan anakan. Tetapi, paling tidak setiap media mempunyai besar minimun 30 centimeter, betul.

  1. Pisahkan Indukan dengan Jantan

Saat sebelum mencoba cara pemijahan, betapa bagusnya merelaikan guppy kelamin betina serta jantan dalam media terpisah. Metode peliharaan ikan guppy yang satu ini mewajibkan kalian buat mengubah air dalam media sepanjang 1- 3 hari sekali. Lumayan mengubah ataupun membuang sepertiga air saja, betul.

Setelah itu, metode menjaga ikan kala lagi di pisahkan janganlah kurang ingat buat membagikan santapan semacam lazim, ialah 2 kali satu hari. Jika dapat, bagikan santapan guppy, semacam daphnia ataupun moina. Pemberian makan yang teratur hendak menciptakan indukan yang segar dalam cara pemijahan esok.

Ikan Guppy Oren

  1. Bagaimana Pemijahan Guppy

Metode peliharaan selanjutnya dari ikan guppy merupakan proses penting pemijahan. Supaya ikan guppy lekas bersalin jalani cara ini di atas media itu dengan memuat air bersih setinggi 30 centimeter. Kemudian, endapkanlah sepanjang minimun satu hari. Cara pemijahan merupakan memasukkan ikan jenis betina di pagi hari ke dalam media yang telah terisi air bersih. Kemudian, di petang hari masukkanlah ikan jantan serta jalani cara pemijahan sepanjang 4- 7 hari.

Metode menjodohkan guppy dalam cara pemijahan umumnya benih jantan lebih banyak di masukkan di banding awewe dengan analogi 1: 5. Dalam 100 liter air lumayan buat menampung sebesar 30 akhir benih ikan. Metode peliharaan ikan hiasan yang satu ini menginginkan cara 3- 4 pekan sampai lahirnya benih. Bila kalian memandang terdapat indukan betina yang telah di buahi, lekas pisahkan serta masukkan ke media inkubasi.

  1. Momen Inkubasi Benih

Sehabis benih yang telah di buahi kalian pisahkan, isi air dalam media inkubasi serta lengkapi dengan aerasi. Tempatkan dengan perlahan supaya tidak mengusik cubung- cubung ikan yang lain. Ganti sepertiga dari air yang ada dan ganti airnya dalam waktu satu sampai tiga hari.

Setelah itu, bagikan pakan buat benih 2 hari sekali. Istimewanya, ikan betina bisa berbadan dua sampai 3 kali sebab tipe guppy betina bisa menaruh sisa mani di dalam badan mereka.

  1. Cara Pendederan Ikan Guppy

Metode menjaga ikan ini supaya tidak lekas mati dalam cara pendederan, ialah meletakkannya di ruangan terbuka. Media wajib terserang faktor cahaya mentari buat membuat motif bagus pada ikan cantik. Setelah itu, tambahkan pula sebagian tumbuhan air supaya mereka dapat berlindung. Semacam, tumbuhan genjer benci serta hydrilla. Buat anak ikan jenis guppy yang sedang dewasa 5 hari hendaknya berikan pakan infusoria.

Sebaliknya, buat baya ikan lebih dari 5 hari berikanlah kutu air ataupun udang renik. Setelah itu, lanjut dengan membagikan pakan cacing sutra ataupun cacing rambut kala anak ikan guppy telah dewasa dekat 20 hari. Menentukan jenis kelamin dari ikan ini bisa kalian lakukan saat usianya 20 hari ya. Dimensi semen kolam ataupun media pendederan yang lazim gunakan 1x1x0, 5 m serta 2x2x0, 5 m.

Ikan Guppy: Ikan Hias Lucu Nan Cantik
Kembali ke Atas