4 Tips Memancing Cumi-Cumi Terbaik

4 Tips Memancing Cumi-Cumi Terbaik

4 Tips Memancing Cumi-Cumi Terbaik

Memancing adalah salah satu aktivitas seru untuk berinteraksi dengan alam, dan memancing cumi-cumi merupakan terget para pemancing untuk dijadikan menu makanan. Karena cumi-cumi memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Memancing cumi-cumi tidak sangat lah sulit untuk mendapatkannya jika tidak mengetahui tips memancing cumi-cumi. Namun jika anda ingin mencoba memancing cumi-cumi, kini mancingkuy akan memberikan beberapa tips agar bisa mendapatkan hasil pancingan cumi-cumi lebih maksimal.

4 Tips Memancing Cumi-Cumi Terbaik Untuk Para Pemula

Dibawah ini mancingkuy akan membahas beberapa tips memancing cumi-cumi terbaik untuk anda para pemula agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan :

Baca Juga : 8 Cara Penting Memancing Udang Galah

1. Mencari Peralatan Yang Tepat

4 Tips Memancing Cumi-Cumi Terbaik

A. Memilih Alat Pancing Berukuran Panjang Dan Ringan

Anda harus bisa merasakan gerakan pada saat memancing cumi-cumi, jadi pilihlah alat pancing yang ringan dan panjang. Anda bisa menggunakan alat pancing berat 3 sampai 9 kilogram, namun semakin ringan, semakin bagus untuk digunakan pada saat memancing cumi-cumi.

B. Gunakan Squid Jig Sebagai Umpan

Cumi-cumi mempunyai teknik berburu tersendiri, anda harus memakai umpan yang sesuai. Squid jig adalah jenis umpan yang sering digunakan oleh pemancing cmi-cumi profesional. Umpan ini mirip ikan, menyala dalam gelap, dan mempunyai dua mata kail yang bisa digunakan untuk memancing cumi-cumi.

C. Gunakan Umpan Hidup.

Jenis umpan yang bisa dipakai untuk menangkap cumi-cumi adalah umpan hidup, jika anda tidak ingin membeli squid jig. Pilihlah cumi-cumi berukuran kecil untuk di jadikan umpan, atau ikan kecil yang biasanya dipakai sebagai umpan, seperti minnow.

2. Memilih Waktu Dan Tempat Yang Tepat

4 Tips Memancing Cumi-Cumi Terbaik

A. Memancinglah Di Malam Hari

Cumi-cumi biasanya mencari makan pada saat malam hari dan sangat mudah terpancing dengan cahaya. Jadi, anda bisa lebih mudah memancing saat malam hari.

B. Carilah Area Air Yang Sedang Besar

Ikan sering sekali mencari perairan yang dalam untuk melindungi dirinya, ini berarti peluang untuk memancing cumi-cumi jauh lebih tinggi di perairan yang sedang besar. Tanyakan kepada nelayan untuk mencari tahu kapan air akan naik dan bersiap memancing cumi-cumi.

C. Memancinglah Di Musim Panas

Kemungkinan pada saat musim panas mendapatkan cumi-cumi lebih maksimal karena udara sedang hangat. Jadi, memancing lah pada saat musim panas, atau awal musim gugur, untuk memancing cumi-cumi di laut.

D. Carilah Sebuah Dermaga Atau Pelabuhan

Anda tidak perlu menggunakan perahu untuk memancing cumi-cumi, karena cumi-cumi tersebut biasanya bersembunyi dari predator di area berumput. Sehingga kombinasi rumput dan cahaya pada dermaga bisa anda jadikan lokasi sempurna untuk memancing.

E. Memancinglah Dari Perahu.

Jika tidak ada dermaga atau anda ingin menggunakan berperahu, masih ada peluang besar untuk menangkap cumi-cumi. Anda cukup meletakan lampu pada bagian bawah atau bagian samping perahu yang dipakai.

Jika anda menggunakan perahu berukuran besar, pakailah lampu tahan air, celupkan lampu ke dalam air, kemudian tarik keluar untuk memancing target mendekat.

3. Menyempurnakan Teknik Memancing

A. Pancing Buruan Anda

Ikat squid jig atau umpan anda ke ujung kail, lalu lempar dan biarkan kail tenggelam sampai kedalaman yang diinginkan. Hentakan tali pancing dua atau tiga kali, kemudian tenggelamkan lagi, ulangi sampai hentakan tali pancing mencapai permukaan air.

B. Gunakan Pelampung

Ikat umpan yang anda pakai pada pelampung yang bisa mengatur kedalaman kail pancing yang digunakan. Anda harus terus mencoba kedalaman yang berbeda-beda untuk mengetahui keberadaan cumi-cumi.

C. Gunakanlah Ledger Rig

Ini adalah teknik untuk menggunakan rangkaian umpan di satu kail, ikat dua umpan pada bagian dekat kail yang tersambung ke pemberat pancing, yaitu alat untuk menentukan kedalaman kail.

D. Mengganti umpan Yang Dipakai

Jika tidak sudah lama tidak mendapatkan hasil pancingan, cobalah untuk mengganti umpan yang berbeda seperti berat, ukuran, atau warna yang berbeda. Anda juga harus memperhatikan faktor apa yang membuat perbedaannya.

4. Menangkap Cumi-Cumi

4 Tips Memancing Cumi-Cumi Terbaik

A. Gunakan Jaring Untuk Menghindari Semprotan Tinta

Cumi-cumi memiliki mekanisme pertahanan diri yang sangat unik, karena menyemprotkan tinta hitam untuk menakuti sumber ancaman (seperti pemancing).

Bersiaplah untuk menghadapi semprotan tinta hitam tersebut pada saat mengeluarkan cumi-cumi dari air. Gunakanlah jaring agar meminimalisir terkena semburan tinta hitam. Tunggu sampai cumi-cumi tersebut selesai menyemburkan tinta, kemudian pindahkan cumi-cumi tersebut ke wadah yang disiapkan.

B. Letakkan Cumi-Cumi Di Dalam Ember

Bawalah sebuah ember pada saat ingin memancing cumi-cumi karena ember bisa dipakai menampung cumi-cumi. Isi ember dengan sedikit air, kemudian masukkan cumi-cumi yang anda dapatkan. Dengan cara ini, sisa tinta akan mengendap di dalam wadah, bukan di perahu.

C. Waspadalah Dengan Gigitannya

Selain menyemprotkan tinta hitam, cumi-cumi juga memiliki paruh seperti burung yang berfungsi untuk membunuh mangsa serta menggigit musuhnya. Jika anda mendapatkan cumi-cimi jangan terlalu lama menempel di tubuh cumi-cumi yang baru ditangkap.

Itulah beberapa tips memancing cumi-cumi untuk pemula agar bisa memaksimalkan hasil pancingan, dan pastinya agar terhindar dari hal negatif seperti digigit atau disemprot tinta hitam.

Baca Juga Pengertian Memancing

4 Tips Memancing Cumi-Cumi Terbaik
Kembali ke Atas